Menu Close

Vitamin Aja Gak Cukup, Ini 7 Cara Tingkatkan Imun Cegah Covid

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, tiga vitamin yang berperan dalam kekebalan tubuh, yaitu vitamin C, vitamin E, dan betakaroten. Mungkin sebagian dari kamu ada yang tidak doyan makan sayur dan buah. Namun, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Konsumsi suplemen vitamin C berkhasiat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Selain menjadi sumber karbohidrat kompleks yang tinggi, ubi jalar dapat diandalkan untuk memperkuat kandungan karena memiliki karoten, zat yang bisa diubah menjadi vitamin A. Kandungan vitamin C, asam folat, dan serat yang tinggi dalam ubi jalar juga penting untuk menjaga janin agar tetap sehat. Berbeda dengan bijinya yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi, bagian kulit biji dan daun melinjo justru baik untuk menurunkan asam urat. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi daun melinjo terlihat dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Meski demikian, manfaat daun melinjo sebagai obat asam urat masih perlu diteliti lebih lanjut.

Vitamin C dapat membantu membunuh mikroba berbahaya, termasuk bakteri dan virus seperti flu biasa dan pneumonia. Vitamin C juga meningkatkan produksi sel kekebalan important tubuh Anda, termasuk sel darah putih dan fagosit, yang merupakan sel yang membunuh bakteri dengan cara menyerapnya. Tubuh memerlukan vitamin B6 untuk membuat sel imun / daya tahan tubuh dapat melawan mikroba berbahaya. Cara kerja vitamin B6 adalah dengan membantu tubuh memproduksi sel-T, sejenis sel kekebalan yang membantu membunuh sel-sel yang terinfeksi dalam tubuh. Vitamin K dikenal karena fungsinya terhadap kesehatan kardiovaskular, tetapi para peneliti menemukan vitamin ini juga bermanfaat untuk mengobati Covid-19.

Vitamin daya tahan pada saat covid

Corona kan virus, kalau imun tubuh kita kuat, ngga mempan,” pungkasnya. Selain itu, mengingat penyakit COVID-19 yang sedang mewabah dan mudah menular, asupan vitamin C dari jambu biji juga dapat berguna untuk membantu sistem imun melawan coronavirus ini. Jambu biji juga mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung tumbuh kembang.

Jadi, coba cukupi kebutuhan cairan harian kamu ya agar tidak mudah jatuh sakit. Jakarta – Vitamin terutama C dan D menjadi sorotan di masa pandemi COVID-19 saat ini karena kemampuannya untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Terlebih di masa pancaroba saat ini, keduanya juga menjadi bagian dari asupan nutrisi yang tak bisa diabaikan. Bunga cengkeh juga mengandung zat antioksidan, antikuman, dan antijamur sehingga ampuh untuk meningkatkan imun tubuh.

Udang merupakan salah satu makanan penguat kandungan untuk cegah keguguran karena udang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam one hundred gram udang terdapat 20 gram protein tingkat tinggi yang jika dikonsumsi dapat mencukupi kebutuhan protein harian dalam tubuh ibu hamil sebanyak forty persen. Dibandingkan mengonsumsi obat penguat kandungan, mengonsumsi berbagai makanan yang baik dan sehat bagi kehamilan akan lebih baik.

Tak hanya itu, vitamin B6 juga mengaktifkan respons sistem kekebalan tubuh. Wanita hamil wajib memperhatikan asupan makanan dan nutrisi demi menjaga kesehatan dan meningkatkan perkembangan bayi dalam kandungan. “Dengan kandungan vitamin C dan rempah-rempah bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkapnya. Hal ini untuk tetap menjaga kondisi tubuh kita tetap prima dan terhadang dari berbagai virus. Oronamin C sebagai minuman bervitamin C, B, dan madu membantu masyarakat menjaga daya tahan tubuh mereka selama pandemi.