Menu Close

Tips Menjaga Kesehatan Di Masa Pandemi Covid

Dengan mencintai diri sendiri Anda akan terhindar dari dampak buruk stress yang dapat berakibat buruk juga bagi kesehatan. Selama pandemi, tentu saja ada beberapa gaya hidup dan cara beraktivitas yang berubah bahkan dihilangkan untuk sementara waktu sampai pandemi benar-benar selesai. Kemudian, kita sebaiknya menyusun skala prioritas dan jadwal aktivitas selama Ramadhan. Ini bisa dilakukan dengan membagi waktu beristirahat, beribadah, juga waktu untuk bekerja dari rumah. Usahakan untuk mengikuti jadwal yang ada sebaik mungkin, agar Anda tetap bisa produktif sekaligus banyak mendapatkan porsi untuk beribadah. Dengan mengikuti jadwal dan menyusun prioritas, Anda juga bisa memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat, agar tidak kelelahan karena serangkaian aktivitas yang dilakukan sambil berpuasa.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Malas bergerak juga memengaruhi kekuatan tulang, seperti meningkatkan risiko osteoporosis. Badan Kesehatan Dunia pun mengampanyekan #HealthyAtHome atau #SehatdDiRumah lewat kegiatan fisik di tengah pandemi. Menurut WHO, olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Untuk menjaga kesehatan selama berpuasa pada masa pandemi sekarang, berikut beberapa ideas dari Dokter Trihastu Rima. Bagi orang tua yang kantor tempat bekerjanya menerapkan work at home, jangan melupakan koordinasi dan hubungan dengan kolega di kantor.

“Pada intinya kita pasrah kepada Sang Khalik dan memohon untuk selalu diberi kesehatan. Terlepas itu semua , instruksi pemerintah tentang protokol kesehatan 5M harus disiplin kita jalankan. Olahraga rutin untuk menjaga kebugaran serta menambah imun, asupan nutrisi yang berimbang juga harus diperhatikan,” ujarnya. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya anda mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh anda.

Lansia disarankan tetap beraktivitas fisik three kali per pekan untuk mencegah mundurnya kemampuan kognitif, keseimbangan tubuh dan kesehatan mentalnya semisal mengalami demensia. Orang dewasa setidaknya melakukan aktivitas fisik a hundred and fifty menit dengan intensitas sedang per pekan, dan 75 menit intensitas tinggi sekali sepekan. Berpuasa—apalagi di masa pandemi bukan alasan lagi untuk malas bergerak. Sebenarnya tubuh tetap membutuhkan asupan gula atau pun lemak yang terkandung dalam minyak. Batasi konsumsi makanan/minuman manis, serta gorengan yang kaya akan limpahan minyak agar terhindar dari berbagai penyakit komplikasi.

Lebih baik lagi jika membungkus makanan dan memakannya dengan alat makan sendiri. Pandemi COVID-19 yang menghantam Indonesia selama tiga bulan terakhir tidak dipungkiri membawa pengaruh yang signifikan terhadap sektor perekonomian. Hal ini membawa efek domino seperti meningkatnya jumlah pengangguran dan penurunan kualitas hidup masyarakat. Pemerintah pun harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit dari anggaran negara untuk menyediakan stimulus dalam rangka menopang berbagai sektor yang terdampak.

“Aktivitas fisik yaitu seluruh gerakan tubuh sebagai hasil kontraksi otot rangka, yang akan meningkatkan energi ekspenditur. Sementara latihan fisik yaitu aktivitas fisik yang terencana terstruktur dengan gerakan yang dilakukan berulang untuk memperbaiki/memelihara komponen kebugaran jasmani. Kemudian, olahraga yaitu aktivitas fisik yang mempunyai ciri permainan, mempunyai aturan tertentu, serta mengandung unsur kompetisi.” ujar dr. Tata. Untuk itu, buka kemasan luar dan segera buang ke tempat sampah bertutup. Kemasan seperti kaleng bisa dilap bersih dengan cairan disinfektan sebelum dibuka atau disimpan. Setelah itu, segera cuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik atau gunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol.

Selama tinggal di rumah, baik itu sambil bekerja ataupun melakukan kegiatan lainnya, bukan berarti abai terhadap kesehatan. Menjaga kondisi tubuh dan menerapkan langkah pencegahan agar sistem imun terus terjaga tetap harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menghindari diri dari serangan virus dan bakteri selama berada di rumah.