Menu Close

Suggestions Menjaga Tubuh Tetap Sehat Di Tengah Pandemi Corona

Jika sistem imun bertemu dengan patogen, seperti bakteri, virus, atau parasit, imun akan meningkatkan responnya. Selain mengenali serta menghancurkan benda asing yang masuk, sistem imum juga mengenali dan membersihkan sel mati. Jika terpaksa untuk bepergian, jangan menggunakan transportasi umum.

Kurang istirahat dapat menurunkan imunitas tubuh dan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Tidur yang cukup setidaknya 6-8 jam di malam hari dan hindari tidur larut malam. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui tentang istilah isi piringku untuk tahu seberapa banyak porsi makan yang harus kamu konsumsi. Tidak lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan cukup konsumsi air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka, four gelas dimalam hari, dan 2 gelas saat waktu sahur.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Salah satu harapan terbesar agar pandemi ini bisa segera ditanggulangi adalah penemuan vaksin yang sedang diupayakan oleh berbagai ilmuwan di dunia. Namun demikian, seperti yang disampaikan oleh World Health Organization , temuan vaksin diperkirakan paling cepat dapat terlaksana pada 2021. Hal ini berarti, setidaknya sampai akhir tahun ini, seluruh masyarakat di dunia, tidak terkecuali Indonesia, harus membiasakan diri untuk hidup berdampingan dan berdamai dengan COVID-19. Selama vaksin belum ditemukan, masyarakat dihimbau untuk patuh menaati dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Lansia juga harus senantiasa diingatkan akan pentingnya kesabaran dan doa agar hati menjadi tenang.

Namun kamu lebih baik mendapatkan vitamin dari sumbernya langsung daripada konsumsi vitamin olahan berbentuk pill, pil atau minuman. Menurunnya kondisi kesehatan memang tidak baik, tapi semakin berbahaya lagi mengingat saat ini kita masih di musim pandemi. Dimana lemahnya sistem imun tubuh bisa melebarkan kesempatan kita untuk tertular virus dan penyakit lainnya.

Tak hanya itu, Lansia juga bisa menikmati hidup dengan menjalankan hobi. Untuk melawan kebosanan dan kesepian, lansia bisa diarahkan untuk melakukan hobi yang bisa dikerjakan di dalam rumah, seperti merajut, menjahit, bertukang (memperbaiki alat-alat rumah tangga) dan berkebun. Untuk mengatasi rasa bosan dan kesepian, usahakan Lansia tetap bisa menjalin komunikasi dengan orang lain melalui pembicaraan by way of telepon maupun video name. Lansia perlu dibekali handphone dan cara mengoperasikannya dengan mudah.

Karena, dengan sistem imun yang kuat, maka penyakit akan susah untuk masuk ke tubuh kita. Meningkatkan berat badan, masalah kegemukan atau obesitas sangat berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Malas bergerak membuat lemak dalam tubuh terus menumpuk sehingga meningkatkan berat badan. Jadi, bergerak aktif sangat penting untuk membakar kalori dari apa yang Sobat konsumsi.

Saat tubuh merespon stres maka tubuh akan menghasilkan suatu hormon glukokortikoid yaitu kartisol dari kelenjar adrenal. Produksi hormon ini diatur oleh hipofisa berupa Adreno corticotrophine hormone . Stres dapat menekan atau menurunkan fungsi dari sistem imun yang dapat memberikan efek tidak baik bagi tubuh.