Menu Close

Kondisi Wargabinaan Positif Covid

Di dalam sistem daya tahan tubuh, ada yang namanya antibodi spesifik virus dan sel T yang berfungsi untuk mengenali virus. Antibodi tersebut memberikan kekebalan dan melindungi seseorang agar tidak terkena infeksi berulang kali dalam waktu yang berdekatan. Meski kemampuan sistem daya tahan tubuh ini terasa menjanjikan, tetapi jangan lupa bahwa virus juga punya cara sendiri untuk “kabur” dari efek interferon.

Menurut WHO, kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata sekitar 8 gelas atau 2 liter. Anda harus memperbanyak minum air jika melakukan aktivitas berlebih seperti olah raga atau ketika cuaca panas. Saat dehidrasi, tubuh lebih cepat lelah, daya tahan melemah, dan paparan virus bisa mudah menginfeksi.

“Selain itu, olahraga rutin, tidur cukup, minum-cukup air putih juga dianjurkan, sehingga bisa mendetoksifikasi racun. Kurang tidur dan stres bisa memicu turunnya imunitas tubuh yang otomatis menurunkan kualitas antibodi,” terangnya. Deretan makanan ini punya kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen, baik makanan maupun minuman.

Vitamin daya tahan pada saat covid

Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami. Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Perlu diketahui, sebagian besar kematian yang berhubungan dengan COVID-19 disebabkan oleh sistem imun tubuh yang rusak atau lemah.

Jika menggunakan air, pastikan dari sumber yang bersih dan layak minum. Untuk buah, perhatikan pula apakah ia termasuk jenis buah yang mudah mengalami pembusukan. Lemak/minyak 5 sendok makan per hari atau setara dengan 7 potong makanan yang digoreng. Berhati-hatilah pada lemak terselubung (makanan tidak digoreng namun mengandung margarin/mentega didalamnya).

Selain manfaat suplemen vitamin E bagi kesehatan yang belum terbukti secara ilmiah, suplemen tersebut berisiko membahayakan bagi penderita kondisi medis tertentu. Hal ini karena beberapa jenis suplemen mungkin saja memiliki berbagai efek samping. Terutama bila dikonsumsi sebelum operasi, mengonsumsinya bersamaan dengan jenis obat lainnya, sedang hamil, atau bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu.