Menu Close

Cara Agar Tetap Sehat Pada Masa Pandemi

Ada beberapa ideas yang bisa dilakukan para orang tua untuk menjaga sang buah hati agar lebih aman dalam berinternet. Memang lebih aman jika anda memasak makanan anda sendiri di rumah dan tidak membiasakan diri jajan sembarangan. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat anda bisa mengendalikan stress yang anda miliki. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri. Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan.

Si anak akan merasa tidak memiliki teman belajar, sehingga lama kelamaan akan muncul rasa malas untuk belajar kembali. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun danair mengalir atau menggunakan handsanitizer. Lansia juga merasa kehilangan kehidupan normal akibat perubahan yang mendadak. Mereka tidak bisa lagi sekadar bertatap muka dengan teman-teman, yang mungkin selama ini menjadi hiburan mengisi waktu dan motivasi. Terbatasnya aktivitas akibat karantina mandiri juga berpotensi membuat para lansia merasakan gangguan kesehatan psychological, seperti kesepian.

Selain dari upaya diri sendiri, kamu juga harus melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau Covid-19 di tempat umum. Puan mengaku sangat senang mengetahui minat masyarakat terhadap olahraga semakin tinggi. Menurut dia, pemerintah harus mendukung semangat masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi dengan menyediakan fasilitas berolahraga yang aman. Puasa kali ini dapat terasa lebih berat dari biasanya karena pandemi coronavirus belum tampak akan berakhir dalam waktu dekat. Namun di sisi lain, berpuasa dapat sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Upaya pencegahan untuk tidak tertular covid-19 merupakan cara yang bisa kita lakukan agar kasus tidak semakin bertambah banyak.

Merokok meningkatkan risiko infeksi dan akan memperparah komplikasi akibat Covid-19. Upayakan selalu memakai masker dalam setiap aktifitas baik di dalam maupun luar rumah. Tetap melakukan kontak sosial dengan kolega, sahabat, keluarga dengan pembatasan sesuai saran kesehatan. Rasa cemas, takut dan berbagai perasaan negatif yang rentan dialami akibat adanya pandemi, bisa jadi penyakit mental apabila tidak diatasi. Dengan sesekali berdiri dan berjalan selama 3-4 menit di rumah, kekuatan tulang dan otot pun dapat meningkat.

Cara agar tetap sehat pada masa pandemi

Selain harus menahan rasa lapar dan haus, menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh juga menjadi kunci utama agar puasa lancar dan terhindar dari penularan virus. Sangat disarankan untuk Mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin, baik vitamin C, vitamin D, mineral, serta vitamin penting lainnya untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Lengkapilah menu sahur dan buka puasamu dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, tetap minum air putih yang cukup, mulai dari berbuka puasa hingga sebelum sahur, agar tubuhmu tidak kekurangan cairan . Aktivitas fisik yang meliputi segala macam kegiatan tubuh termasuk olahraga merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan zat gizi utamanya sumber energi dalam tubuh. Aktivitas fisik memerlukan energi dan memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh termasuk metabolisme zat gizi.

Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. Itu dia Moms beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga anak tetap sehat di masa pandemi ini. Berikan anak-anak banyak waktu istirahat dan melakukan permainan yang disukainya untuk membantu menurunkan tingkat stres anak dan menjaga Si Kecil terlindungi dari sakit.

Bagi orang yang sudah mengalami masalah jantung, untuk cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap match bisa melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan. Durasinya tidak selama orang yang sehat dan tidak memiliki serangan jantung. Orang yang memiliki penyakit jantung bisa berolahraga selama 15 menit untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Makan buah dan sayur serta minum minimal 8 gelas air setiap hari, karena buah dan sayur mengandung vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit. Jangan menganggap sepele dan jangan ini dianggap sebagai omong kosong belaka. Covid-19 ini bisa menyerang siapa saja, termasuk kamu yang memang sedang sehat.

Padahal, air putihlah yang lebih dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh. Agar bisa menjalani Ramadhan semaksimal mungkin, kita perlu berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Sambil mengikuti tatanan berpuasa yang memang menyehatkan, kita juga perlu melakukan hal-hal lain yang bisa membantu beradaptasi dan membuat badan terasa bugar di sepanjang bulan suci. Hal ini diperlukan, terutama karena kali ini kita akan beribadah sambil berhati-hati menghadapi pandemi COVID-19. Lebih dari biasanya, kita perlu memiliki gaya hidup yang baik, agar tubuh tetap sehat selama beribadah.