Menu Close

Bpom

Pada akhirnya, itu mendorong pengujian dengan kriteria serupa yang biasanya dikembangkan oleh laboratorium di Asia, Eropa atau Amerika. Di Thailand, ekstrak sambiloto digunakan sebagai obat untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Kemampuan jeruk untuk melawan corona didapat dari kandungan flavonoid berjenis hesperidin di dalamnya. Hesperidin dianggap mampu memberikan perlindungan untuk tubuh dari serangan bakteri dan virus. Dilansir Times of India, Selasa 22 September 2020, menurut laporan, WHO tergerak oleh tingkat keberhasilan yang terlihat dalam penggunaan bahan tradisional untuk memerangi wabah di masa lalu, seperti Ebola.

Ia menambahkan, obat herbal bisa menjadi substitusi obat kimia karena diharapkan tidak mempunyai efek samping. Ia menambahkan, hal tersebut seiring dengan pemahaman kebutuhan bahwa kita semua membutuhkan substitusi alternatif pengobatan untuk mempertahankan kesehatan namun bukan menggunakan obat kimia. Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dengan jelas memaparkan bahwa obat herbal tertentu bisa menyembuhkan coronavirus dalam hal ini spesifik Covid-19. Lagipula, sejauh ini, obat-obat herbal yang diteliti terkait Covid-19 lebih bertujuan untuk melihat kemampuannya dalam meningkatkan sistem imun, bukan untuk benar-benar menyembuhkan. Baik di berita nasional maupun melalui pesan berantai aplikasi chat, kabar soal tanaman natural yang bisa mencegah corona, selalu mencuri perhatian.

Sejak itu, media di Afrika terus memberitakan potensi ramuan tersebut dan beberapa negara Afrika telah memesan ramuan tonik herbal tersebut dan dijual dengan nama COVID Organics. Studi tersebut menggunakan ekstrak uji dari tanaman Artemisia annua, juga dikenal sebagai tanaman apsintus, serta turunannya seperti tanaman artemisinin. Selain menjaga psikis dan istirahat yang cukup, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ini mengaku rutin minum ramuan yang berisi natural dan probiotik, Bunda. Novel Baswedandan keluarga akhirnya dinyatakan sembuh dari COVID-19 atau Corona setelah 11 hari isolasi. Sementara itu, dalam situs resmi UGM, mengungkapkan anggapan bahwa minyak kayu putih bisa membunuh COVID-19 tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

Lebih rinci, Masteria menjelaskan bahwa metode uji klinis kandidat immunomodulator dilakukan secara acak terkontrol tersamar ganda dengan plasebo untuk menjaga terjadinya bias pada penelitian. Plasebo adalah jenis obat kosong yang tidak mengandung zat aktif dan tidak memberikan efek apa pun terhadap kesehatan. Terdapat 2 produk uji dan 1 plasebo yang diberikan secara acak dan merata kepada 90 subyek uji, sehingga terdapat 30 subyek uji untuk masing-masing kelompok.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang khawatir hingga melakukan berbagai hal agar tidak mudah terinfeksi virus corona baru. Curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Kandungan itu akan mengaktifkan sel darah putih dalam tubuh sehingga sistem imun tubuh menjadi bertambah.

Obat covid herbal

Apabila hasil anti-HCV positif/reaktif maka diduga kuat orang tersebut terinfeksi virus hepatitis C dan perlu dipastikan dengan pemeriksaan HCV-RNA. Hingga hari ini belum ada obat maupun vaksin dengan uji klinis baik yang dinyatakan dapat melindungi atau menyembuhkan Covid-19. Kenyataan ini kemudian membuat banyak kalangan berusaha mencari alternatif pengobatan baik dengan pengobatan konvensional anti-virus maupun dengan penggunaan obat tradisional, obat herbal. Dia mencontohkan penggunaan obat natural dalam mendukung pengobatan penyakit karena virus telah dilakukan.