Menu Close

6 Ideas Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Di Era Regular Baru

Covid-19 adalah penyakit pernapasan baru yang dapat merusak lapisan kantung udara di paru-paru. Dan bagi kamu yang memiliki penyakit paru-paru, termasuk jika kamu seorang perokok, mungkin kamu lebih rentan terinfeksi. Saat tidur, sel-sel tubuh yang rusak akan kembali beregenerasi menjadi sel-sel baru. Apabila kurang tidur, maka tubuh tidak ada kesempatan untuk membentuk sel-sel baru.

Pandemi ini membuat mereka sulit aktif secara fisik yang padahal merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh pada anak. Menjaga pola makan dengan asupan gizi yang seimbang penting dilakukan sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19. Selain melakukan protokol kesehatan, kata dia, masyarakat senantiasa menjaga pola hidup sehat dan bersih serta memperkuat daya tahan tubuh.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi gizi seimbang, dengan memperbanyak buah dan sayur. Berkaitan dengan upaya tetap sehat selama pandemi Corona, berikut langkah menjaga daya tahan tubuh dan psychological yang direkomendasikan dalam Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19. Orang dewasa harus minum delapan gelas air sehari untuk hidrasi terbaik. Kita bisa mendapatkan jumlah air yang tepat dengan membawa botol minum sepanjang hari. Vitamin D juga dapat meningkatkan sitokin T-helper yang berfungsi untuk mencegah peradangan . Protokol new regular atau regular baru sudah diberlakukan di Indonesia.

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat mengganggu kerja sistem imun dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, upayakan untuk mengelola stres dengan baik supaya sistem imun Anda tetap terjaga dan kuat melawan infeksi virus Corona.

Selama penerapan New Normal anjuran protokol kesehatan juga tetap harus dipatuhi. Lakukan protokol kesehatan yang sudah diterapkan selama ini seperti menerapkan etika batuk dan bersin, menerapkan jaga jarak, dan isolasi mandiri, mencuci tangan dan memakai hand sanitizer. Kurang tidur bisa menjadi faktor penyebab melemahnya daya tahan tubuh sehingga menjadi rentan sakit. Maka dari itu, istirahat cukup sangat dianjurkan untuk anak-anak, terlebih di masa pandemi ini. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga daya tahan tubuh agar si kecil bisa bebas beraktivitas serta meminimalisir risiko penularan penyakit.