Menu Close

Pondok Rangkah, Pesantren Bersejarah Jaga Sehat Santri Plossa

Bawang dan jahe juga baik untuk dikonsumsi karena kandungannya diyakini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan meredakan peradangan. Zinc dibutuhkan untuk perkembangan sel kekebalan tubuh dan berperan penting dalam merespon inflamasi atau peradangan. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi serta pneumonia.

Di antara banyaknya jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga maupun menaikkan sistem daya tahan tubuh, vitamin esensial merupakan salah satu yang terpenting. Melansir dari Business Insider, vitamin esensial dapat membantu menghasilkan sel kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel darah putih dalam jumlah yang cukup. Tubuh memiliki sebuah sistem alami untuk menangkal penyakit baik dari infeksi virus maupun bakteri.

Selain itu, vitamin A dikenal memiliki sifat antiradang karena peran pentingnya dalam menambah fungsi dan pertumbuhan dari sistem imun. Padahal, jambu biji ternyata memiliki kandungan yang mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Kandungan yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh ini dapat menjadi alasan mengapa Anda tidak gampang sakit dengan sering meminum jus jambu biji. Di tengah pandemi saat ini, Quipperian harus selalu menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan dan nutrisi yang dikonsumsi.

Anda juga bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan supaya tubuh dan pikiran Anda rileks, misalnya berkumpul dengan teman, bertamasya, mengerjakan hobi Anda, atau melakukan meditasi. Alih-alih mendapatkannya dari suplemen, dapatkan kecukupan vitamin D dengan berjemur selama 15 menit per hari. Namun hati-hati, pemberian vitamin C di atas 2 gram per hari di luar perawatan medis bisa membahayakan kesehatan. Merangkum dari Cleveland Clinic, beberapa makanan kaya vitamin B6 termasuk daging ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau. Namun, kita harus berkonsultasi dengan dokter terkait dosis seng yang tepat, karena terlalu banyak seng dapat memiliki efek samping. Kementerian Kesehatan telah memulai vaksinasi tahap dua bagi kelompok petugas pelayan publik pada Rabu, 17 Februari 2021 dengan menyasar total 9.000 pedagang di Pasar Tanah Abang untuk divaksinasi COVID-19.

Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuat Anda lebih rentan terserang virus dan bakteri penyebab infeksi pernapasan. Sebaliknya, apabila daya tahan tubuh melemah, berbagai macam virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi, termasuk virus corona COVID-19. Sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus tersebut, akhirnya banyak orang mulai melirik suplemen vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh. Stimuno Forte bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh atau membantu menjaga sistem imun. Obat ini mengandung bahan aktif ekstrak tanaman meniran hijau yang mampu mencegah tubuh terjangkit penyakit dan baik dalam mempercepat proses penyembuhan penyakit infeksi.

Vitamin daya tahan pada saat covid

“Ini bukan berarti semua penyakit serius dari COVID-19 disebabkan oleh orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak kompeten,” jelas Prof Pellegrini. Dokter pada KSM Penyakit Dalam RSUP Dr. Sardijito ini mengatakan terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain mematuhi anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan Covid-19 seperti physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker, langkah lain yang bisa dilakukan dengan berhenti merokok. suplemen makanan yang mengandung mikronutrien dan vitamin C dan D adalah cara yang aman, murah, dan efektif untuk membantu sistem kekebalan melawan COVID-19 penyakit saluran pernapasan akut lainnya. Dengan menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga, memiliki risiko rendah terinfeksi COVID-19. Bayam tidak hanya kaya zat besi utuk mencegah anemia, tetapi bayam kaya beta-karoten untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengubah nutrisi ini menjadi vitamin A dan memicu respons kekebalan tubuh.

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlumengelola stresdengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C memiliki efek antioksidan yang mampu membantu proses penyembuhan suatu penyakit ataupun luka dan mengoptimalkan aktivitas sel darah putih. Untuk itu, mereka harus menjaga asupan nutrisi yang lengkap dan bergizi seimbang. Kunyit ataucurcuma domestica valbiasanya dikenal sebagai bumbu masakan opor ayam, ayam bumbu kuning, pesmol, dan lain sebagainya. Namun, sebagai obat tradisional, ekstrak kunyit manjur untuk meredakan nyeri haid. Kandungan zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang dan memelihara daya tahan tubuh.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sah-sah saja asalkan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sampai saat tulisan ini dibuat, 5 Mei 2020, peran komponen bioaktif pada pangan fungsional masih terus dikembangkan untuk mencegah dan mengobati Covid-19. Akan tetapi, manfaat dari pangan fungsional dalam upaya meningkatkan sistem imun tubuh telah banyak terbukti, sehingga konsumsi pangan fungsional yang cukup sangat dianjurkan. Pengolahan bahan pangan yang benar dengan meminimalisasi pengolahan panas akan mengurangi potensi kerusakan komponen bioaktif.

Cara yang paling sederhana untuk meningkatkan daya tahan tubuh lainnya yaitu dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Aktivitas fisik merupakan pergerakan tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang menjadi hal penting bagi pemeliharaan kesehatan. WHO menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik atau melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, sering-seringlah cuci tangan dengan sabun dan lakukanphysical distancing. Konsumsi vitamin dan suplemen bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.