Menu Close

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Orang dewasa telah terpapar lebih banyak patogen, hal ini membuat imunitas berkembang lebih banyak. TEMPO.CO, Jakarta – Menjaga daya tahan atau imun tubuh penting dilakukan setiap orang. Mengingat Covid-19 yang belum pulih dari Indonesia ditambah kesibukan dengan aktivitas yang dilakukan ketika menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan. Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan melakukan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setiap saat. Siapkan hand sanitizer di dalam tas, apabila jika sedang dalam perjalanan tidak menemukan tempat cuci tangan. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup, yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup, memberi manfaat bagi kesehatan.

Selanjutnya, ibu hamil juga harus memerhatikan asupan buah dan sayur. Beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk menjaga imunitas tubuh di antaranya seperti mendapat istirahat yang cukup, diimbangi dengan olahraga dan paparan sinar matahari yang cukup. Jadi selain menggunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan, cara lain untuk mengakhir pandemi sebelum vaksin atau obat Covid-19 ditemukan adalah menjaga imun tubuh. Apabila seseorang stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon untuk meredakan stres. Oleh sebab itu, dia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah stres menghadapai situasi yang tidak menentu ini ditengah pandemi Covid-19.

Yang terakhir dan tidak kalah penting untuk menjaga imunitas adalah olahraga. Olahraga sebaiknya dilakukan selama 30 menit minimal tiga kali dalam satu minggu dengan intensitas sedang. Maka dari itu, kita wajib mengikuti pedoman gizi seimbang, seperti memenuhi kebutuhan protein, lemak, dan karbohidrat. Kita juga tidak boleh makan sembarangan ataupun makan dengan porsi yang besar. Seperti yang kita tahu, olahraga merupakan salah satu kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Dengan rajin berolahraga, aliran darah menjadi lancar sehingga fungsi organ dalam tubuh bun bekerja dengan baik, misalnya jantung dan otak.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Ini adalah beberapa proses yang termasuk dalam mekanisme pertahanan non-spesifik tubuh. Tetapi, jika pertahanan umum semacam ini tidak juga berhasil, maka segala sesuatunya harus menjadi lebih spesifik. Quipperian harus tahu betul bahwa tidak aman membeli makanan mentah dari luar. Meskipun makanan tersebut tampak seperti makanan sehat, seperti salad atau sushi.

Ada banyak cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah. Jangan lupa untuk senantiasa terhubung dengan keluarga dan teman-teman Anda secara digital, khususnya jika Anda hidup sendiri di tengah pandemi ini. Untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda, National Sleep Foundation menyebutkan orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal 7-9 jam dalam satu hari. Itulah mengapa setiap orang harus bisa mengelola tingkat stresnya dengan baik.

Memiliki daya tahan tubuh serta tumbuh kembang janin dalam kandungan yang tetap terjaga, tentu menjadi impian semua ibu hamil. Untuk mempermudahmu memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar, kamu bisa belanja pakai HappyFresh. Artinya terbebas dari hal-hal negatif yang membuat pikiran menjadi stres. Hindari kondisi seperti ini dengan terus berpikir positif bahwa kita akan sehat, meski sekarang ini dihadapi dengan wabah penyakit. Jika sebelumnya, Anda terbiasa dengan porsi asupan yang sembarangan, maka mulai sekarang aturlah asupan dengan baik.