Menu Close

Kasus Covid Masih Tinggi, Ppkm Darurat Diprediksi Bakal Diperpanjang

Ini akan dinikmati oleh 38,1 juta pelajar dan tenaga pendidik dengan whole alokasi anggaran sebesar Rp5,54 triliun. Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level four mulai dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. “PPKM darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19.

PPKM akan diperpanjang

Sejumlah pihak lantas mendesak pemerintah untuk kembali memperpanjang masa PPKM Darurat, mengingat lonjakan kasus masih meningkat. Bahkan Indonesia beberapa kali mencetak rekor angka penambahan kasus dan kematian sejak kebijakan ini berlaku. Beliau mengatakan akan ada sejumlah pelonggaran kegiatan ekonomi masyarakat mulai dari pasar hingga pedagang kaki lima mulai 26 Juli 2021. Ia menekankan, meski evaluasi menunjukkan ada penurunan mobilitas masyarakat, namun tidak serta-merta kebijakan pengetatan dilonggarkan sepenuhnya.

Agar dapat mengendalikan penularan virus Corona, pertambahan kasus positif, dan keterisian rumah sakit, Pandu menyarankan agar pemerintah melakukan langkah pencegahan. Kendati mengusulkan PPKM stage three dan 4 diperpanjang, Bigwanto mengatakan pemerintah tak perlu menambah peraturan yang lebih ketat. “Karena saya kira kalau dibuat lebih ketat dari itu pemerintah tidak akan berani,” tuturnya. Luhut mengatakan level PPKM akan ditentukan dengan sejumlah indikator penanganan COVID-19. Pertama, laju transmisi, respons sistem kesehatan serta kondisi sosiologis masyarakat. Mendesak pemerintah agar segera menggelontorkan stimulus produktif bagi dunia usaha selama masa PPKM darurat atau yang kini menjadi PPKM Level three dan four.

Jerinx dilaporkan pegiat media sosial ke Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan ancaman kekerasan yang berawal dari perdebatan di dunia mayat. Warung makan, PKL, warteg, dan sejenisnya di Sukoharjo boleh buka dan melayani makan di tempat maksimal tiga orang, paling lama 20 menit. Namun, PPKM dijalankan untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan hingga berdampak kasus Covid-19 menurun. Sementara itu, pemerintah pusat memutuskan memperpanjang penerapan PPKM hingga eight Februari 2021 lantaran selama hampir dua pekan berjalan PPKM belum berefek terhadap kasus Covid-19.

Menko Airlangga meyakinkan, meskipun diterapkan PPKM Darurat (di Jawa-Bali) dan PPKM Mikro diperketat (di Luar Jawa-Bali), namun kegiatan di Sektor Esensial tetap beroperasi, sehingga tidak akan menimbulkan kekhawatiran gelombang PHK kembali. Judi Online Lalu dengan bantuan sosial yang dilanjutkan dan dipercepat, seperti diskon listrik, dan juga kegiatan-kegiatan lain yang menopang sektor produktif. Kita akan memonitor dan mengevaluasi terus di masa sekarang, maupun setelah 20 Juli,” ujarnya.

Contohnya pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka, namun dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan yang ketat. “Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level four, dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun, kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap, dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” ujar Presiden Joko Widodo.

Opsi perpanjangan PPKM Darurat hingga 6 minggu sendiri disiapkan untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 yang semakin tinggi. Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan tambahan anggaran untuk Program Prakerja serta pemberian Bantuan Subsidi Gaji/Upah untuk Pekerja/Buruh . Pertama, pemerintah menambah manfaat Kartu Sembako sebesar Rp200 ribu selama dua bulan untuk 18,eight juta Keluarga Penerima Manfaat . Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap kebijakan PPKM yang dilakukan di 23 hari terakhir. PADANG, iNews.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat stage 4 di Kota Padang, Sumatera Barat dikabarkan akan diperpanjang. Namun demikian, Hosianna memandang aksi investor di bursa domestik masih cukup kondusif dan tidak terlalu panik menyikapi kenaikan angka virus corona.

Maka dari itu, Jokowi memerintahkan seluruh pemimpin daerah untuk mempercepat penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sampai detik ini, realisasi penyerapan berbagai bantuan ini masih sangat rendah. Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan semua pemimpin daerah untuk menyiapkan rumah sakit cadangan maupun rumah sakit darurat agar semakin banyak pasien corona ditangani dengan baik. Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular. Oleh karena itu saya memerintahkan agar testing, tracing, bisa ditingkatkan lebih tinggi dan respon threatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan peningkatan angka kesembuhan.

Namun dari beberapa indikator itu juga, Kota Medan mungkin beralih standing dari PPKM darurat menjadi PPKM pengetatan. Dinas Kesehatan juga diminta berkoordinasi dengan TNI untuk memperoleh akses paket obat gratis dari Presiden Joko Widodo. Satuan Tugas PPKM di level desa harus kembali aktif dan memantau ketat setiap warga yang terindikasi terinfeksi covid-19. “Angka keterisian tempat tidur rumah sakit tidak meningkat karena penularan ditekan. Edukasi pakai masker, kalo enggak punya, warga jangan digebukin, kasih masker, edukasi,” terangnya. Pertama, masyarakat harus diedukasi pentingnya protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.