Menu Close

Bergadang Sampai Sahur? Pastikan Hal Ini Agar Imun Tetap Terjaga

Vaksinasi Covid-19 diberikan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan virus corona. Meskipun vaksin dapat membentuk kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dengan vitamin natural juga perlu dilakukan untuk tetap menjaga imunitas. Olahraga teratur bukan hanya membantu proses detoks yang menjadikan tubuh lebih sehat dan segar, namun juga meningkatkan imun tubuh. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan selama liburan adalah jogging di pagi hari, melakukan beberapa set push up dan sit up, yoga, dan senam dengan diiringi lagu yang disuka. Mengonsumsi suplemen sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh di tengah tingginya angka penyebaran virus corona.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Evidence-Based Complementari and Alternative Medicine, madu tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh alami. Jahe, mengandung antioksidan yang berperan sebagai antivirus dan banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Sementara jus lemon tinggi akan vitamin C untuk cegah pilek dan kunyit mengandung curcumin, zat yang bisa mengatur kestabilan imun tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini dan hadirnya virus Corona varian Delta, imunitas tubuh menjadi hal yang penting untuk selalu dijaga kondisinya.

Cuci tangan dan memastikan tangan bersih dari kuman membantu menghindari virus. Untuk mencegah dehidrasi, minum cukup air putih setiap hari sangat dianjurkan. Sedangkan intensitasnya, berjemur cukup dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk menghasilkan vitamin D yang memadai,” jelas dr. Pras. Untuk meningkatkan imunitas dan memperbaiki selaput lendir yang melapisi dinding saluran pernapasan, sup hangat adalah menu pilihan terbaik. Antioksidan di sini akan membantu menetralisasi radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai kerusakan sel dan jaringan. Terlebih, belakangan ini buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Langkah meningkatkan sistem imun tubuh selanjutnya dapat dilakukan dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Kegiatan yang satu ini paling sehat jika dilakukan di bawah paparan sinar matahari pagi secara langsung, karena dapat meningkatkan kadar vitamin D dari sinar matahari. Tidak perlu pergi ke gym Casino Online, kamu dapat melakukan olahraga yang mudah dan murah dengan berjalan cepat atau berlari. Meskipun penerapan aturan PSBB kembali diterapkan, bukan berarti olahraga tidak bisa dilakukan.

Meskipun begitu, dikatakan terdapat beberapa jenis vaksin yang saat ini telah digunakan mempunyai respon imun yang baik terhadap virus. Pemberian vaksin ini juga dapat membantu pembentukan antibodi tubuh untuk melawan virus. Sistem ini mencakup penghalang fisik seperti kulit dan lapisan pelindung di tenggorokan atau usus kita, bahan kimia dalam darah kita, dan sel kekebalan yang berbeda untuk melawan infeksi. Tujuan utama dari respon ini adalah untuk menghentikan penyebaran virus ke seluruh tubuh. Anak-anak yang aktif sering kali belum paham cara untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Ajak anak menjaga kebersihan mulai dari hal-hal sederhana dan mudah, seperti rajin mandi, rajin mencuci tangan, membuang sampah pada tempat, dan membersihkan atau mencuci mainan yang kotor.

Cara untuk menjaga imun tubuh

Suplemen echinacea dapat diberikan selama kurang lebih 8 minggu dengan dosis penggunaan sekitar 2–3 tablet sehari. Poin paling utama dalam menerapkan pola hidup sehat adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Berdasarkan berolahraga terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun. Dengan olahraga, badan Anda akan bergerak secara keseluruhan dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Biasakan juga untuk melakukan olahraga dipagi hari agar tubuh Anda bisa terkena matahari pagi yang sangat baik untuk tubuh. Berjemur merupakan salah satu cara sederhana untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, antioksidan juga diperlukan untuk mengangkat radikal bebas yang ada dalam darah yang bisa menekan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, agar tumbuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus perlu dijaga dan ditingkatkan. Sekalipun di rumah saja selama pandemi, pastikan Anda olahraga setiap hari selama 30 menit hingga 45 menit. Kegiatan olahraga akan semakin terasa menyenangkan bila dilakukan bersama anggota keluarga. Pemberian vaksin COVID-19 berperan penting dalam membantu tubuh kita membentuk perlindungan terhadap virus Corona.

Jika tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik, virus bisa saja mampir dari berbagai tempat yang tak terduga. Menurut WHO, kebutuhan air minum orang dewasa rata-rata sekitar eight gelas atau 2 liter. Anda harus memperbanyak minum air jika melakukan aktivitas berlebih seperti olah raga atau ketika cuaca panas.

Tulang dan otot yang sehat akan menjadi lemah bahkan bisa memperlambat proses penyembuhan luka. Selain itu hormon kortisol yang tinggi juga akan mengacaukan sistem metabolisme dan memengaruhi fungsi psychological. Menurut CDC, orang dewasa setidaknya tidur 7 jam per hari, sementara bayi dan anak-anak membutuhkan antara eight hingga 17 jam tidur tergantung usia mereka.

Jika terlalu lama tidur siang, badan akan menjadi segar dan tak mengantuk pada malam hari. Kekebalan tubuh memegang peran penting dalam menjaga tubuh dari penyakit. “Kalau terlalu stres, maka imunitas menurun, sehingga kita rentan terkena penyakit,” katanya. Oleh karena itu, selain menjaga fisik, kita juga harus memerhatikan kesehatan psikis. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan pertahanan tubuh, salah satunya dengan memperkuat imun. Berikut ini adalah jenis olahraga yang cocok di lakukan di era New Normal dan Pandemi Covid-19 saat ini.