Menu Close

Berbuat Baik Lah Dengan Tulus Dan Ikhlas

Sebab seperti dulu Allah menghampiri bangsa-Nya dengan perjanjian kasih dan kesetiaan, begitu pula sekarang Penyelamat umat manusia dan Mempelai Gereja, melalui sakramen perkawinan menyambut suami-isteri kristiani. Selanjutnya Ia tinggal berserta mereka supaya seperti Ia sendiri mengasihi Gereja dan menyerahkan Diri untuknya, begitu pula suami-isteri dengan saling menyerahkan diri saling mengasihi dengan kesetiaan tak kunjung henti. Oleh karena itu suami-isteri kristiani dikuatkan dan bagaikan dikuduskan untuk tugas-kewajiban maupun martabat standing hidup mereka Slot Pragmatic dengan sakramen yang khas. Istilah “ateisme” menunjuk kepada gejala-gejala yang sangat berbeda satu dengan lainnya. Banyak orang secara tidak wajar melampaui batas-batas ilmu positif, lalu atau berusaha keras untuk menjelaskan segala sesuatu dengan cara yang melulu ilmiah itu, atau sebaliknya sudah sama sekali tidak menerima adanya kebenaran yang mutlak lagi. Ada yang menjunjung tinggi manusia sedemikian rupa, sehingga iman akan Allah seolah-olah lemah tak berdaya; Agaknya mereka lebih cenderung untuk mengukuhkan kedudukan manusia dari pada untuk mengingkari Allah.

Pernah mencoba membantu orang yang motornya mogok di jalan? Nah, saat kita menolong pengendara kendaraan bermotor yang mogok, perbuatan baik kamu akan teringat di pikiran mereka. Biasanya, mereka akan melakukan hal sama saat ada orang lain yang membutuhkan pertolongan.­ Ini yang dimaksud dengan kebaikan yang menular. Banyak sekali kenikmatan yang didapat oleh orang-orang yang berbuat jujur, tidak hanya diterimanya di akhirat, namun juga diterimanya di dunia.

Menjadi orang yang selalu tulus dalam berbuat baik

Tidak ada orang yang bahagia ketika dalam pikirannya penuh dengan duka dan sifat-sifat negatif. Kebahagiaan hanya datang pada mereka yang yakin bahwa hidup adalah berkat yang harus disyukuri. Hidup bisa jadi suatu hal yang sangat menyenangkan atau bahkan sangat menyedihkan. Hal ini terjadi karena perbedaan sudut pandang yang dipengaruhi latar belakang setiap orang. Untuk tetap bahagia menjalani hidup, Anda harus memiliki sudut pandang yang positif, yang menganggap hidup patut disyukuri dan dinikmati dengan segala kebahagiaan.

Kita melakukan hal-hal baik itu dengan cinta yang membara, bukan untuk mencaari pujian. Ini menjadi tantangan bagi setiap orang beriman, karena banyak orang ingin dipuji saat melakukan hal-hal yang baik bagi sesamanya. Orang kemudian tersinggung kalau tidak ada jempol yang diacungkan baginya. GLOBALPLANET – “Orang berbuat baik karena dia baik, bukan berbuat baik agar dianggap baik. Biarlah orang kecewa dengan dirimu, karena mereka sedang tertipu oleh perasaan mereka sendiri,” kata seorang bijaksana.

Itulah pentingnya akhlak yang mulia dan hati yang tulus ikhlas. Ikhlas dalam berbuat baik kepada sesama manusia merupakan salah satu syarat diterimanya perbuatan baik seseorang kepada sesama. Sebab, sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla tidak menerima sebuah amal kebaikan bila diniatkan untuk mengharap wajah-Nya, mencari pahala dari sisi-Nya.

Tetapi semua tingkahnya itu dicurigai oleh semua orang karena perubahannya yang drastis dari sebelum dia hidup kembali. Dan yang menjadi masalah adalah kecurigaan suaminya sendiri atas perubahan sikap Abigail itu, sang suami berusaha keras memperhatikan dan menghalangi segala aksi dari Abigail karena mengira dia akan berbuat jahat. Namun Abigail tidak menyerah dan berusaha keras untuk menunjukkan bahwa dia tidak seperti yang dulu lagi. Pertama, Anda harus membangun konsep diri positif, yaitu memiliki pandangan dan perasaan yang positif mengenai diri sendiri yang akan membuat seseorang menjadi manusia yang optimis dalam menyelesaikan masalah. Kemudian merasa setara dengan orang lain, menganggap pujian sebagai kewajaran, menyadari bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang dan memiliki kemampuan untuk mengubah diri.

Untuk pendidikan itu masyarakat zaman sekarang menyajikan berbagai peluang, terutama berkat makin menyebarnya kepustakaan dan upaya-upaya komunikasi yang baru di bidang kebudayaan dan sosial, yang dapat mendukung kebudayaan secara keseluruhan. Sebab dengan berkurangnya waktu kerja dimana-mana makin bertambahlah keuntungan-keuntungan bagi banyak orang. Waktu terluang untuk menyegarkan jiwa dan memantapkan kesehatan jiwa-raga hendaknya dimanfaatkan dengan baik, dengan kegiatan-kegiatan dan studi sesuka sendiri, dengan wisata ke daerah-daerah lain , yang membantu manusia mengembangkan bakat-kemampuannya. Oleh karena itu umat beriman kristen hendaknya bekerja sama, supaya ungkapan-ungkapan kebudayaan dan kegiatan-kegiatan kolektif, yang menandai zaman kita sekarang, diresapi oleh semangat manusiawi dan kristiani.

Jika Allah menghendaki mba berjodoh dengan dia, Allah akan mudahkan dan dekatkan. Tapi jika memang tidak, Allah akan jauhkan dan Allah akan mengganti dengan pilihan yang terbaik. Dari sini perlu dipahami bahwa agama itu bukan sekedar ilmu, bukan angan-angan , bukan kalimat-kalimat indah, tetapi kenyataan gerak, praktek, prilaku, atau tindakan yang jelas-jelas realistic berguna bagi orang lain, untuk bangsa dan Negara. Kebersamaan itu menjadi sesuatu yang sangat berharga dalam hidup, berbangsa dan bernegara karena manusia tidak akan bisa menyelesaikan masalah besar tanpa kebersamaan.

Karena tidak semua hal yang kamu lakukan akan disukai orang lain. Tidak semua yang baik akan dibalas baik tetapi jangan berhenti untuk selalu berbuat baik. Sesungguhnya, pengalaman serupa sering saya alami di berbagai tempat makan di Jakarta.

Cara meminta maaf yang baik setelah berbuat salah tak sulit untuk dilakukan. Tahapan paling penting dari meminta maaf yang baik adalah mengakui kesalahan sendiri dengan lapang dada. Altruisme adalah sikap atau naluri untuk memperhatikan dan mengutamakan kepentingan dan kebaikan orang lain. Altruisme berkebalikan dengan sifat egois yang lebih mementingkan diri sendiri. Hal ini dilakukan karena dia beranggapan bahwa amal yang besar akan menghasilkan pahala dan ridho Allah yang besar pula, sedangkan amal yang kecil akan menghasilkan pahala dan ridho Allah yang kecil pula.