Menu Close

7 Cara Ikhlas Memaafkan Orang Lain

Semoga kita termasuk golongan orang-orang beriman yang sabar dan paham bahwa hakikat kehilangan adalah kebaikan untuk diri kita, karena Allah telah meminta kembali apa yang pernah Ia titipkan. Itulah sebabnya orang-orang yang mendapat keberkahan sempurna serta petunjuk dari Allah sangat mengetahui hal ini, dan alih-alih merasa sedih telah kehilangan. Mereka akan menghibur diri dengan mengucapkan “Innalillaahi wa inna ilaihi rojiun” yang bermakna “Sesungguhnya segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali padaNya”. Mereka tahu bukan sedang kehilangan sesuatu, melainkan ada ‘titipan’ yang sudah harus dikembalikan.

Keikhlasan berasal dari kata ikhlas yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti bersih hati atau tulus hati. Dan perlu digarisbawahi; Allah selalu memberi kompensasi yang sepadan bahkan lebih untuk orang-orang yang berhasil menjaga titipanNya. Maka, ‘nikmatilah’ kehilangan dengan mengatakan “Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un”. Orang yang sabar, akan lebih tahan untuk menghadapi situasi yang penuh tekanan, dibandingkan dengan mereka yang tidak sabar. Mulailah dari hal yang sederhana seperti menyisihkan waktu 5-10 menit setelah bangun tidur untuk tetap berada di kasur. Selain itu kamu juga bisa sisihkan waktu untuk lakukan me time, seperti main Togel SGP dengan teman atau peliharaan.

Terapi memaafkan adalah sebuah latihan serta cara untuk ikhlas terhadap masalah dan luka emosional, yang telah digunakan sejak tahun 1980. Banyak orang mempercayai bahwa dalam setiap cobaan pasti ada hikmah yang dapat diambil. Bisa saja sesuatu yang hilang tersebut karena diri kita sendiri yang lengah dalam menyimpan ataupun merawat apa yang kita miliki.

Tetap bersabar sembari berusaha adalah hal yang terbaik. Ketika seorang manusia mampu bersikap sabar meski sedang dalam kondisi sempit, maka sesungguhnya ia juga memiliki rasa syukur yang luar biasa. Meski sedang diberi cobaan ia tetap ikhlas dan tabah dalam menjalaninya. Sikap sabar dalam Islam memiliki nilai yang tinggi. Seorang muslim yang baik haruslah memiliki sikap ini.

Tapi orang ini bukan pacarmu dan dia bukan milikmu sejak awal. Hindari keinginan untuk berpamitan dan pergilah dalam diam. Percayalah tidak ada yang sia-sia, sebab dengan hal kamu lalui selama ini secara otomatis kamu telah belajar banyak hal dan terus bertumbuh. Sekarang tergantung dirimu, pilihanmu hari ini akan menentukan kau akan bertumbuh ke arah yang lebih baik atau buruk nantinya. Setelahnya, cobalah untuk membuat kebiasaan-kebiasaan baik yang nanti akan menghantarkan dirimu pada kehidupan yang lebih baik.

Agar, kita tidak mudah menyalahkan, menolak pendapat orang lain . Artinya, ketika egoisme diri telah kita korbankan, kita akan lebih mementingkan cara berpikir yang kolektif, terbuka dan selalu tolerant terhadap yang lain. Begitu juga ketika kita bisa mengorbankan Ismail kita. Menurut Siti, pemerintah juga tidak boleh lepas tangan.

Cara untuk mengikhlaskan sesuatu

Ketiga, setelah merenung kita harus mulai sibukkan diri dengan berbagai kegiatan agar tidak melulu ingat mantan. Selain membuatmu lebih produktif, berkegiatan membuatmu cepat transfer on dari mantan. Teringat kenangan mantan sangatlah regular, semua orang pernah melakukannya, tidak peduli mereka sudah move on atau belum. Namun, membangun ekspektasi dari ingatan tersebut sangatlah tidak sehat. Mengingat-ingat sesuatu berdasarkan khayalan ketimbang kenyataan sesungguhnya dapat mengakibatkan kamu membangun hidupmu dengan kebohongan. Caranya, kamu bisa melakukannya dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman, melakukan hobby yang kamu sukai, berjalan-jalan di mall atau taman, berkumpul bersama keluarga.