Menu Close

5 Aktivitas Ini Ampuh Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Berolahraga adalah salahsatu alternatif mudah untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap beradapada kondisi puncak. Penelitian menemukan bahwa melakukan olahraga sedang hingga berat minimal 30 menit setiap hari membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang dihasilan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ayo, jaga daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, beristirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi! Salah satunya dengan berjemur di bawah sinar Matahari pagi yang membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D. Di masa pandemi seperti saan ini, sangat penting bagi seseorang untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus.

Menurut ahli di National Institutes of Health-Medlineplus, olahraga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sirkulasi sel darah putih yang lebih cepat bisa mendeteksi penyakit lebih awal dan menguatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Direktur WHO, Tedros Adhanom, menyarankan orang dewasa minimal berolahraga 30 menit setiap harinya dan anak kecil selama 1 jam per hari. Dalam kondisi pikiran yang stress tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Ketika stres, daya tahan tubuh cepat menurun dan virus mudah masuk ke dalamnya.

Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan agar masyarakat membaca informasi yang kredibel terkait COVID-19, seperti situs pemerintah Covid19.co.id atau di situs WHO. Batasi juga waktu bermain di media sosial, karena banyak konten hoax terkait virus corona. Pertahanan tubuh spesifik merupakan pertahanan ketiga tubuh, dan bekerja jika antigen berhasil masuk ke dalam tubuh dan telah melewati sistem pertahanan tubuh nonspesifik inner. mengalami stres atau kelelahan tentu akan sulit memusatkan perhatian, entah saat belajar atau melakukan pekerjaan sehari-hari saat mengejar deadline. Bila Anda mengalami hal yang sama, ini bisa disiasati dengan minum sari pati ayam. Joomba bergabung dengan Jiwa Group sebagai alternatif smoothes sayur dan buah dengan harga terjangkau.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Selain itu kandungan vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi telur rebus yang matang. “Karena telur memiliki kandungan nutrisi lengkap termasuk vitamin D dan asam amino yang baik bagi tubuh,” katanya dalam keterangan pers, Jumat, 22 Mei 2020. Ajak Si Kecil minum susu Friso, yang membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil dari dalam, agar ia bebas bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman berharga. “Buah dan sayur seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi, mengandung karoten, yang merupakan fitonutrien penambah kekebalan tubuh,” kata William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book. Deretan makanan ini punya kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan itu memungkinkan kapulaga berkhasiat menurunkan tekanan darah, melindungi tubuh dari penyakit kronis, dll.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, manusia harus mampu menjaga serta meningkatkan imun agar tidak terinfeksi viruscovid-19yang kini menjadi momok menakutkan. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Olahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh apabila rutin dilakukan. Menambahkan konsumsi suplemen juga disarankan jika merasa kebutuhan vitamin belum tercukupi dari makanan sehari-hari. Sementara untuk konsumsi imunostimulan boleh diberikan bagi mereka yang membutuhkan peningkatan daya tahan tubuh. Misalnya pada orang dengan aktivitas fisik berlebih, terpaksa harus bekerja di luar rumah, atau orang dengan daya tahan tubuh yang lemah seperti orang dengan penyakit penyerta .

Ragam manfaat tersebut karena serai memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, zat besi, asam folat, fosfor. Serai juga memiliki sifat antibakterial, antiinflamasi, antipiretik, antidepresan. Kamu bisa langsung merebusnya dengan air atau merendam serai ke dalam teh. Hal ini menjadikannya dapat mengurangi resiko terjangkit berbagai penyakit. Vitamin yang disimpan dalam sel lemak dan hati ini dapat bertahan lama. Kelebihan vitamin ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, sehingga sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsi vitamin jenis ini dalam jangka panjang.