Menu Close

10 Ideas Agar Tak Tertular Jika Ada Anggota Keluarga Yang Positif Corona Covid

Social distancing yaitu menghindari keramaian, kerumunan orang, atau bisa juga menghindari orang yang sedang sakit. Bilamana tetap harus bepergian, hindari menggunakan transportasi umum. Peringatan yang harus kamu perhatikan, saat sedang digunakan jangan menyentuh bagian depan masker.

Bagaimana cara agar tidak tertular covid

Virus berpindah melalui percikan batuk/bersin orang sakit yang kemudian terhirup orang lain atau menempel di permukaan benda yang kemudian disentuh lalu masuk melalui mata, hidung atau mulut orang lain. Cairan disinfektan dapat membersihkan virus yang menempel di permukaan benda seperti meja, gagang pintu atau saklar lampu yang kerap disentuh orang. Membersihkan permukaan benda-benda itu sangat penting bila Anda melakukan isolasi diri di rumah dan untuk menggunakan cairan disinfektan, pastikan Anda sudah membaca petunjuk di label produk. Pemakaian cairan disinfektan secara langsung ke tubuh dapat membahayakan diri Anda.

Selain rajin konsumsi makanan sehat, kamu juga harus rajin olahraga dan istirahat yang cukup, Kids. Hati-hati saat interaksi dengan hewan, bukan berarti kamu enggak boleh menyentuh dan merawat hewan peliharaanmu, ya. Luangkan waktu di pagi hari sebelum mulai bekerja atau sebelum pulang kantor untuk membersihkan meja kerjamu.

Tempat yang ramai, berpotensi menjadi sumber transmisi atau penularan Covid-19 tanpa diketahui. Di tempat yang ramai atau sengaja berkerumun, artinya jarak antar orang yang satu dan lainnya sangat dekat. Hal ini dimaksudkan agar suatu saat orang disekitar Anda tiba-tiba bersin atau batuk yang berpotensi mengeluarkan droplet, jangkauan droplet atau percikan itu tidak sampai ke diri Anda. Upayakan untuk tidak bersalaman, cium pipi kanan-pipi kiri (cipika-cipiki), berpelukan dengan orang, teman atau keluarga yang Anda temui di luar rumah. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan.

Banyak platform kesehatan daring yang sudah menyediakan layanan telekonsultasi. Cara ini dapat melindungi pasien rumah sakit dari risiko tertular COVID-19 karena tidak harus mengantre di puskesmas atau rumah sakit. Bila dari hasil konsultasi daring dokter menganjurkan pasien perlu melakukan pemeriksaan tatap muka, dapat dibuat jadwal pertemuan khusus, misalnya pada saat rumah sakit sedang tidak dalam kondisi ramai. Hal itu juga berlaku jika orang tua terkena batuk pilek, gunakan masker untuk mencegah penularan pada anak dan anggota keluarga lainnya. Lalu, jelaskan etika batuk atau bersin yang benar agar mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas dan membuat kenyamanan pada orang disekitarnya. Di Indonesia sendiri kasus COVID-19 pertama kali dikonfirmasi pada 2 Maret 2020 dan sejak saat itu, angka pasien COVID-19 terus merangkak naik.

Orang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang positif COVID-19. Orang tanpa gejala merupakan kontak erat dengan kasus positif COVID-19. Hindari menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung, dan mulut apabila belum mencuci tangan.

Virus corona memiliki lapisan lipid lemak yang dapat dihilangkan dengan sabun secara efektif, oleh karena itu, mencuci tangan dengan sabun dan desinfektan akan membantu dalam mencegah penularan virus corona. Menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin mencegah penyebaran kuman dan virus. Jika kamu terlanjur bersin atau batuk dan menutupinya dengan tangan, kamu dapat mencemari benda atau orang yang kamu sentuh. Saat berbelanja bahan makanan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan tidak menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

Cara mencegah virus Corona agar tidak menyebar ke mana-mana bisa dilakukan dari hal yang paling mudah, yaitu hidup bersih dan sehat. Ini adalah cara terbaik dalam mencegah penyebaran dan penularan virus Corona sebelum program vaksinasi di mulai. Oleh sebab itu, jangan menyentuh space mata, hidung dan mulut dengan tangan telanjang, jika Anda belum mencuci tangan pakai sabun.